Sejarah Singkat Ordo Santa Ursula

Ordo Santa Ursula merupakan salah satu Tarekat Internasional yang berpusat di Roma, Italia. Tarekat ini didirikan oleh Santa Angela Merici, seorang perempuan biasa dan sederhana, dengan nama Serikat Santa Ursula. Sekalipun sederhana, namun visi, kata-kata, warisan, dan nasehat masih sangat relevan sampai saat ini.

Serikat Santa Ursula didirikan pada 25 November 1535. Bulla kepausan kerasulan yang utama adalah pendidikan kaum muda perempuan dan hidup berasrama. Pada tahun 2021 ini, Serikat Santa Ursula berusia 486 tahun. Sebagai Tarekat yang hampir mencapai 5 Abad, dan mayoritas karyanya adalah dunia pendidikan dan asrama putri.

Sejarah di Indonesia bermula dari keprihatinan Mgr. Petrus Maria Vrancken, Vikaris Apostolik Vikariat Batavia. Misionaris pertma mendarat di Batavia (sekarang Jakarta) pada tanggal 7 Februari 1856. Mereka datang dari Sittard, Belanda, atas permintaan Mgr. P.M. Vrancken, Vikaris Apostolic Java. Ketujuh Suster Ursulin menumpang Kapal Herman dan jarak Belanda ke Batavia ditempuh selama 140 hari. Ursulin pertama di Noordwijk, sekarang Jl. Ir. H. Juanda No. 29 Jakarta, sekarang disebut Santa Maria.