Sejarah Kampus Santo Bernardus


Kampus Santo Bernardus merupakan lembaga pendidikan dengan jenjang Taman Bermain, Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, dan Sekolah Menengah Pertama. Kampus ini telah berumur 104 tahun dengan kepemilikan Ordo Santa Usula, yaitu tarekat bagi para suster Ursulin, dengan pendiri Santa Angela Merici, Dezensano, Italia.

Persekolahan ini di bawah bimbingan para suster Ursulin Provinsi Indonesia, yang berpusat di Bandung, yang disebut seorang Provinsi. Sedangkan pemimpinnya disebut Provinsial. Persekolahan ini merupakan bagian dari struktur organisasi Pusat Yayasan  Pendidikan Ursulin Indonesia, yang berkantor di Jl. Lombok, Jakarta Pusat.

Dalam pengembangan pendidikan formal, kampus Santo Bernardus mencoba terus berbenah dan terbuka dengan kemajuan dan kebutuhan zaman. Sekalipun bangunan fisik tidak dapat diubah atau dirobohkan. Bangunan Santo Bernardus adalah bukti fisik sejarah satu abad untuk memandaikan dan memajukan kaum muda di Kota Madiun dan sekitarnya, para alumninya sudah tersebar ke penjuru tanah air.

Ada pepatah “tak kenal maka tak sayang”, marilah kita kenali pendidikan formal Santo Bernardus, masuk dan merasakan serta ikut ambil bagian dengan aktif. Maka akan dirasakan tidaklah mudah mendidik generasi milenial. Namun bunda Angela ibu kami, berkata, sekalipun kamu mempunyai anak seribu, cintailah, kenalilah, sebab ia adalah anak Allah, kita tidak tahu apa yang Tuhan rencanakan baginya.